Pantai Ini Cocok Buat Lo Yang Gak Takut Ketinggian

/
0 Comments
Traveling emang udah jadi kebutuhan masyarakat di zaman sekarang. Apalagi buat orang-orang yang tinggal di kota besar, emang butuh banget yang namanya jalan-jalan buat menyegarkan pikiran lagi. Kalo gue emang punya hobby buat jalan-jalan ke tempat baru yang belom pernah gue kunjungi sebelumnya. Kaya pantai di Jogja yang menurut gue ciamik banget dari segi pemandangan ataupun ambience dari pantai itu sendiri.

welcome to pantai timang
Beberapa minggu yang lalu gue ngunjungin pantai timang yang ada di daerah Jogja. Sebetulnya pantai timang ini tepatnya di daerah Gunung Kidul yang masih beberapa jam dari kota jogja sendiri. Tapi dengan segala gambaran keindahan pantai ini yang udah pernah gue liat di internet, gaada halangan yang bisa menghalangi #cielah. Gue emang udah niatin dari lama banget kalo dateng ke Jogja mau ke pantai ini. Satu yang terkenal dari pantai ini adalah pulau panjangnya. Iya, dari pantai ini kita bisa nyeberang ke pulau itu dengan naik gondola. What?!? gondola?!?


Selama perjalanan dari kota Jogja ke pantai ini lo gaakan dibuat bosen sama pemandangan yang indah banget. Pemandangan alam Indonesia emang gaada tandingan deh menurut gue. Pas udah makin deket pantai pemandangan berubah jadi hutan jati di kiri kanan lo. Sejauh mata lo memandang, yang keliatan cuma hutan jati aja. 

gentleman's ride 2015
Oiya, gue lupa ceritain satu hal, jadi kalo lo dateng ke pantai ini dan lo bawa mobil pribadi berjenis sedan ataupun keluarganya seperti hatchback, dll. Sudah dipastikan lo gaakan bisa bawa tuh mobil sampai ke lokasi pantai timang. Karena untuk masuk ke lokasi pantai timang, medan jalannya cukup berat buat kendaraan dengan jenis kaya gitu. Tapi misalkan lo bawa mobil yang agak besar lo bisa bawa mobil lo sampe ke lokasi pantai. Dengan permasalahan itu, warga sekitar nyedian motor sewaan ataupun ojek buat nganterin ke lokasi pantai. Karena gue pengen ngerasain sensasi berkendara yang laki banget gue milih sewa motor buat disetir sendiri.


nice view to ride your bike
Waktu milih naek motor sendiri, gue kayanya milih pilihan yang salah. Awalnya gue gatau seberapa rusak jalanan kesana, sekitar 200 meter naek motor, gue baru tau ternyata jalannya penuh dengan bebatuan tanpa aspal. Dengan medan yang naik turun pula. Ditambah kondisi motor sewaan ini yang gaada rem belakang. Susah banget emang. alhasil tangan gue berasa pegel abis pulang dari pantai. but it was such a great experience. Kalo ditanya mau naik apa ke pantai timang, gue tetep akan milih ngendarain motor sendiri hahahaha

Setelah kurang lebih setengah jam naek motor dengan pemandangan hutan jati di samping kanan kiri, sampailah kita di tujuan utama yaitu pantai timang. First impression pantai ini terhadap gue bagus banget, pasir putih dengan ombak khas pantai selatan ditambah semilir angin yang bikin gue pengen lama-lama di sini. Selain itu juga di pantai ini masih terhitung sepi pengunjung. Padahal harusnya dengan suasana yang cozy banget gini, harusnya bisa banyak menyerap wisatawan asing ataupun lokal. 


Selain hamparan pasir, di sini juga banyak deretan batu karang yang gede-gede. Cocok banget buat spot foto kaya gue diatas hahaha


1 2 3 jump!!
Di pantainya emang sepi banget, berasa private beach misalkan lo kesini. Terus juga ombak di pantai ini terhitung gede banget. Mungkin emang gara-gara pertemuan samudera kali ya, makanya ombaknya gede banget. Tapi misalkan lo udah naek ke tempat penyeberangan ke pulau panjang, disana lumayan banyak orang, tapi masih bisa dibilang sepi juga sih. Cuma ada beberapa penjual makanan ringan sama kopi, sama mas-mas yang narik gondola buat nyeberang ke pulau.

otw gondola
Satu hal yang perlu lo ketahui ketika lo mau nyeberang naek gondola itu. Semua risiko ditanggung oleh turis sendiri. Jadi warga setempat cuma nyedian gondola buat nyeberang aja. Gondola disini berbentuk kotak kayu berukuran 60cm x 60cm yang ditarik pake tali plastik buat keseberang pulau. Gue sendiri waktu ngeliat gondola ini berasa agak deg-degan, karena emang keamanan dan keselamatan yang ada di gondola ini menurut gue masih minim banget, walaupun kata warga sekitar ini gondolanya udah aman.

gondola berukuran 60cm x 60cm
pulau panjang
do at your own risk
Panjang tali gondola itu sekitar 100 meter, dengan ketinggian kira-kira 50 meter. Sebetulnya buat lo yang punya nyali gede dan mau nyobain sensasi ini sih boleh-boleh aja, tapi gue ga menyarankan lo karena ketika lo jatuh lo langsung berhadapan dengan laut lepas yang ombaknya gede banget. Misalkan lo tetep nekat ya gue cuma mau bilang hati-hati aja bro hahaha. Di seberang pulau lo bisa foto-foto sepuas lo tanpa ada batasan waktu. Dan kalo lo nyeberang bakal ditemenin sama satu orang warga setempat buat jadi pemandu lo selama di pulau panjang itu. 

proses menyeberangkan penumpang
penunggu pantai
Menurut gue, pantai ini jadi salah satu pantai terbersih yang pernah gue kunjungin selama hidup gue. Gue ga ngeliat ada sampah berserakan selama kurang lebih dua jam gue explore tempat ini. Gue salut banget sama pengunjung pantai timang dan warga lokal yang bisa saling kerjasama untuk ngejaga kebersihan tempat ini. Dan gue juga berharap kedepannya semua tempat wisata di indonesia bisa bersih dari sampah yang berserakan. Males banget gitu kan ketika lo mau liburan, yang lo liat malah sampah yang berserakan dimana-mana. Ini tugas kita semua untuk menjaga kebersihan tempat umum.

greeting from pantai timang


You may also like

Tidak ada komentar:

A travel stories by Erwin Bimasakti. Diberdayakan oleh Blogger.