Doa Orang Tua

/
0 Comments
Dua bulan yang lalu gue udah resmi lulus dari bangku perkuliahan. Dua bulan lalu gue sidang tugas akhir dan dinyatakan lulus saat itu jg. Rasa senengnya bukan main. Seneng banget sampe gue ngerasa itu adalah hal paling indah yg gue rasain selama 23 tahun hidup gue. Saat itu gue ngerasa gue berhasil lulus karena usaha yg gue lakuin selama ini. Gue ngerasa keberhasilan itu gue dapet karena kerja keras tim yg dilakukan selama ini. Tp kalo gue liat kebelakang lagi, ternyata usaha yg gue lakuin cuma menyumbang 1% dari keberhasilan gue ini.

Satu hari gue sm nyokap pergi ke jogja buat riset tugas akhir (TA) ini. Disana kita ketemu pemandu wisata yg pernah nganter kita wkt lagi liburan beberapa waktu yang lalu. Ngobrol lah sm pemandu wisata ini ngalor ngidul. Dan waktu itu sempet ada omongan dari pemandu wisata yg bilang “Mas, jangan pernah kurang ajar sm ibu ya. Ibu ini wakil tuhan di dunia loh.” Gue kaget dong si pemandu ini bisa sampe ngomong gitu. “Apapun hasil yg kita dapet di dunia ini, semua berkat doa orang tua mas. Terutama doa ibu ini” lanjut dia. “Jadi jangan pernah kurang ajar atau bikin sedih ibu mas, kalo sampe ibu marah sama masnya, bisa-bisa semua yang mas kerjain gaada hasilnya” tutup dia. Gue yang kaget banget saat itu cuma bisa ngangguk2 sambil bilang “iya2 mas hehe.”

Setelah obrolan itu gue ga terlalu mikirin omongan dia lagi. Cuma inti yg gue dapet adalah jangan kurang ajar aja sm orang tua. Hampir 4 bulan setelah riset di jogja itu, sampailah ketika pengumuman bahwa jadwal sidang gue udah keluar. Setelah keluar jadwal sidang itu, gue tiap hari deg2an dan bener2 mikirin sidang gue doang. Yg bikin gue lebih tegang adalah jadwal sidang yg dikasih h-5. Biasanya kelompok lain itu dikasih jadwal sidang bisa sampe 7-10 hari sebelum sidang. Tiap hari gue pelajarin isi TA gue bareng tim. Tiap hari juga gue curhat sm nyokap betapa tegangnya gue buat ngadepin sidang.

“Bu, adek tegang nih minggu depan mau sidang” sahut gue. “Udah tenang aja, berdoa sama Allah supaya dilancarain dan diberi kemudahan” jawab nyokap. “Tiap abis solat ibu selalu doain ayah, abang, adek supaya diberi kemudahan” lanjut lagi. Entah kenapa kalimat kaya gini bikin gue tenang sesaat. Walaupun 10 menit kemudian gue tegang lagi. Tiap hari gue curhat sm nyokap isinya sama gitu mulu. Dan tiap hari juga jawaban nyokap selalu sama.

Akhirnya sampe juga hari dimana gue sidang TA. Saat itu, gue kepikiran omongan pemandu wisata gue wkt di Jogja. Gue keinget dia bilang “Mas ibu tuh ibarat wakil tuhan di dunia. Appun hasil yg kita dapet di dunia, semua berkat doa ibu.” Satu jam sebelum masuk ruangan sidang gue whatsapp bokap nyokap buat doain gue. Dan selama sidang gue berasa tenang banget. Terus sidang komprehensif yg gue jalanin juga berjalan lancar. Hasilnya gue dinyatakan lulus hari itu juga.

Saat itu gue merasa hasil yang gue dapetin adalah berkat doa wakil tuhan yg ada di dunia yaitu nyokap gue. Saat itu gue merasa usaha yg gue lakuin cuma nyumbang 1% aja dari keberhasilan gue. 99% sisanya adalah berkat doa nyokap gue yang gapernah putus untuk minta kepada allah supaya jalan gue selalu diberi kemudahan. Supaya hidup gue diberi ketenangan. Supaya segala sesuatu yg gue lakuin diberi kelancaran.

Gue percaya doa orang tua itu emang pegang andil besar dalam keberhasilan dalam hidup kita. Apalagi doa ibu kita. Selalu minta orang tua kita buat doain kita supaya hasil yg baik pun bakal kita dapetin jg. Dan jangan pernah kecewain orang tua kita. Makasih mas pemandu wisata di jogja yg ngasih pelajaran yang sangat berharga buat gue. Kata2 mas akan selalu saya ingat dan saya kasih tau anak saya kalo udah punya anak nanti hehe.

Semoga di kemudian hari adek bisa banggain ibu. Semoga ibu selalu selalu diberi kesehatan sama allah. Dan semoga ibu selalu diberikan rahmat yg melimpah sama allah. Amin

Makasih ayah dan ibu. I love you ayah dan ibu.

*printscreen whatsapp gue sm bokap dan nyokap satu jam sebelum masuk ruang sidang sekaligus rahasia kelulusan gue.





You may also like

Tidak ada komentar:

A travel stories by Erwin Bimasakti. Diberdayakan oleh Blogger.