Dimana Bumi Dipijak, Disitu Langit Dijunjung

/
1 Comments
"there on the earth where i stand, i hold the sky. success and glory consist not in what i have gotten but in what i have given." - Mr. & Mrs. Tjong a fie

Di tulisan gue yang sebelumnya gue udah janji bakalan nyeritain tentang satu tempat yang keren banget dari sejarah si pemilik rumah sama arsitektur dari bangunan itu sendiri. Karena emang menurut gue, itu tempat keren banget. Apalagi buat gue yang belom pernah ngunjungin tempat itu sebelomnya kan. Jadi waktu gue liburan di medan beberapa hari yang lalu gue ngunjungin rumah Tjong A Fie. Mungkin lebih jelasnya rumah sekaligus museum kali ya.

Jadi di tulisan kali ini gue bakalan nulis tentang rumah Tjong A Fie yang ada di medan. Dan juga kebetulan sebentar lagi imlek, makanya kayanya cocok deh tulisan tentang Tjong A Fie ini gue keluarin pas deke-deket imlek. Imlek tahun 2015 ini ada di tanggal 19 Februari. Yang bikin gue seneng waktu hari imlek adalah jelas tanggal merah. dan yang kedua adalah ang pao. Tapi karena umur gue yang semakin bertambah ini, gue juga makin jarang dapet ang pao. Jadi gue cuma ngerayain tanggal merahnya aja. Sedih emang kalo dipikir-pikir. padahal sebagai mahasiswa aktif #ciee gue juga butuh uang tambahan kan. Buat fotokopi, biaya operasional, dan biaya tak terduga lainnya. Dan yang jelas buat traveling lagi selanjutnya hahaha.

Waktu pertama kali gue ngelewatin jalan di depan rumah Tjong A Fie ini, gue gatau kalo itu sebetulnya rumah sekaligus museum. Makanya gue nanya kan sama temen gue yag orang medan "Eh bro itu apaan sih bangunan cina gitu? vihara ya?" terus temen gue jelasin ke gue "Oh bukan coy, itu rumah Tjong A Fie, rumah sekalian museum sih. Besok deh kita kesana ya."

rumah tjong a fie dari depan

nah besoknya gue ke rumah Tjong A Fie ini ya kan, masuk ke rumah tjong a fie ini kita harus ngeluarin biaya sekitar 35,000/orang. Agak lumayan juga ya kan buat kantong mahasiswa yang makan aja masih nasi sama tempe orek. Tapi di dalem rumah Tjong A Fie ini bukan cuma ruangan-ruangan dengan ornamen Cina aja. Bahkan lebih dari itu. Menurut gue bangunan ini diadaptasi dari budaya Cina, Eropa dan Melayu. Ada beberapa foto dan bukti sejarah kalo Tjong A Fie ini adalah orang baik pada masanya. Mungkin bisa disebut sebagai orang super baik. Tjong A Fie ini dateng ke medan tahun 1875. Menurut sumber sejarah, dia ini dateng ke medan cuma dengan modal 10 dolar perak uang manchu. Gue gatau kalo jaman sekarang itu uangnya kira-kira sebanyak apa. Tapi kayanya sih itu jumlah uang yang dikit banget. Dan namanya perantau pasti selalu nekat dan umumnya berhasil. Nah Tjong A Fie ini salah satu orang yang berhasil dengan merantau. 

Dia sebetulnya dateng ke Medan nyusul abangnya yang udah duluan ke Medan. Waktu di Medan ini dia jadi pengusaha sukses dan banyak yang suka sama dia karena emang dia orangnya baik. Usaha yang dijalanin sama dia ini ada banyak, Salah satunya dia jadi bos perkebunan di sumatera, dan punya karyawan lebih dari 10,000 orang. Gokil banyak banget kan emang karyawannya. Karena dia orangnya yang supel banget dalam bergaul, dia juga temenan sama Sultan Deli yaitu Sultan Makmoen Al Rasyid. Dia ini sempet dikasih gelar sama Hindia Belanda karena jadi pemimpin komunitas tionghoa di daerah medan dan sekitarnya. 

meja di ruang tengah

Di ruangan tengah ini, gue sangat terkagum-kagum dengan arsitektur yang menurut gue indah buangeeeetttttt. Mungkin emang kalo rumah cina jaman dulu kaya gini semua kali ya. Gue sebagai anak kampung yang jarang banget ngeliat bentukan rumah kaya gini makanya terkagum-kagum hahaha. Rumah Tjong A Fie ini emang bernuansa oriental banget, sama persis kaya rumah-rumah di film cina yang gue suka nonton dulu. Masuk ke rumah ini gue jadi inget film kera sakti. Di film itu kan lumayan banyak setting di dalem rumahnya. Ya kurang lebih kaya gini lah aslinya.



meja kerja tjong a fie

Foto diatas mungkin salah satu ruangan yang kayanya jadi tempat kerja Tjong A fie. Disini ada meja kerja dia dan semua peralatan kerja dia yang kayanya masih asli. Semua barangnya vintage abisssss hahaha

"kok gaada foto gue ya?"
loh kok gaada bayangan gue di kaca?
halaman depan
foto Tjong A Fie yang super besar

Abis itu, di setiap ruangan ini juga dikasih kipas angin sama pengelola museum ini. So, udah pasti biar ga pengap. Soalnya keliatan kaya di foto-foto diatas, kalo ruangan di rumah ini gaada ventilasi udara. Cuman jendela-jendela besar aja yang selalu dibuka. Ga kebayang jaman dulu pengapnya kaya apa didalem rumah, apalagi dengan cuaca medan yang panasnya udah nyaingin ciputat.

kamar tidur tjong a fie
silsilah keluarga dia
pintu masuk ke rumah Tjong A fie
semacam ballroom di rumah dia

Nah di ruangan yang kaya ballroom itu kosong melompong kaya di foto. Cuma ada bangku dua biji sama cermin super besar di salah satu sudut ruangannya. Ruangannya kira-kira segede lapangan futsal kalo gasalah kira-kira. Mungkin pada masanya, ruangan itu dipake buat meeting sama Sultan Deli atau petinggi Hindia Belanda kali ya, gatau juga sih gue. Sampai akhir hidupnya pun Tjong A Fie dikenal sebagai orang yang baik banget. Di salah satu sudut ruangan rumahnya ada foto waktu pemakaman dia, dan yang dateng super banyak banget. Yang dateng waktu pemakaman dia itu bukan cuma dari golongan yang sama aja. Tapi di tulisin di keterangan fotonya ada berbagai macam suku yang tinggal di medan ikut menghadiri pemakaman dia. Katanya kan kalo orang meninggal terus yang dateng banyak itu tandanya orang itu baik kan. Dan ternyata emang kebukti waktu pemakaman Tjong A Fie ini. 

makan Tjong A fie di Pulo Brayan

Mungkin cukup deh sejarah siapa itu Tjong A Fie, karena emang gue yang taunya cuman segitu doang sih. Nah yang bikin gue kagum sama ini orang adalah sebelum dia meninggal dia nulis surat wasiat buat keluarga yang ditinggalin. Kalo gue gak salah foto, ini isi surat wasiatnya.

surat wasiat
testament
no. 67

Pada hari rabu tanggal dua puluh oktober tahun seribu sembilan ratus dua puluh, menghadap di hadapan saya Dirk Johan Focquin de Grave, notaris berkedudukan di Medan, penghadap dikenal oleh saya sebagai Tuan TJONG A FIE, Mayor der Chineezen, bertempat tinggal di medan. Sesuai dengan permintaanya, melalui pembuatan wasiat ini hingga sepanjang masa dalam kehidupan terpanggil untuk dilaksanakan permintaan dalam wasiatnya ini :
  1. Merawat kuil nenek moyang, membiayai ongkos upacara akan peringatan TJONG A FIE dan juga upacara suci ke-Agamaan nenek moyang TJONG A FIE
  2. Mengadakan perawatan serta memajukan pendidikan dan pelajaran anak-anak Tjong A Fie yang sudah dan akan lahir dari keturunan laki-laki dalam derajat yang tidak terbatas
  3. Memberikan tunjangan kuangan kepada yang muda-muda yang berbobot dan berkelakuan baik, tanpa membedakan golongan rupa yang untuk melanjutkan dan menyempurnakan pelajarannya memerlukan bantuan tersebut
  4. Memberikan sedekah/santunan kepada yang berkepentingan tanpa membedakan golongan bangsa yang oleh karena cacat badan, buta, sakit panjang atau penyakit-penyakit lain dan tidak mampu menghidupi dirinya sendiri
  5. Meringankan beban kerugian yang diderita oleh orang-orang tanpa membedakan golongan bangsa sebagai akibat dari bencana-bencana alam yang dalam tiap-tiap keadaan harus dimusyawarahkan/rapat bersama dengan keluarga
Poin nomor 3 sampe 5 di surat wasiat itu ngebuktiin kalo dia ga pandang bulu buat nolong siapapun. Dia mau nolong siapapun tanpa ngebedain golongan apapun. 

Setelah gue baca surat wasiat itu, gue merasa terharu sekaligus beruntung banget dilahirin dan jadi warga negara indonesia. Dimana di negara ini sangat menjunjung yang namanya persatuan dan kesatuan. Tjong A Fie sebagai salah satu tokoh masyarakat jaman dulu emang ngasih contoh yang baik ke orang-orang di sekitarnya, buat selalu ngehormatin orang-orang di sekitar kalian. Itu yang jadi kunci keesuksesan Tjong A fie dalam bergaul. Dia orangnya selalu hormat sama semua orang.

Karena tinggal beberapa hari lagi juga imlek, gue mau nulisin perasaan gue tentang imlek juga deh. Yang bikin gue seneng di tahun baru Cina adalah, banyak pertunjukan barongsai. Mungkin kedengerannya sederhana banget ya, tapi gatau kenapa gue seneng aja nonton barongsai. Liat orang-orang super berani yang lompat-lompat di ketinggian dan mendarat di pijakan kecil. Gue yang nonton aja ngeri-ngeri sedap. Terus juga pemain barongsai itu menurut gue kuat banget. Doi kuat ngangkat-ngakat temennya buat lompat-lompat. Selain barongsai, di tahun baru cina juga beda atmosfernya menurut gue dibanding hari-hari lain. Ya jelas sih tiap hari besar keagamaan di Indonesia punya atmosfer yang beda-beda. Dan semuanya bikin gue terkagum-kagum. Mungkin cuma di Indonesia yang banyak banget ngerayain hari besar keagamaan, which is menurut gue keren banget. Gue pernah tinggal setahun setengah di Malaysia. Selama gue tinggal disana, Gue ga ngerasain atmosfer hari besar keagamaan sebesar di sini. Dan sekali lagi ini yang bikin gue bangga jadi orang indonesia. 

Dan sebagai penutup tulisan singkat ini, gue pengen ngucapin selamat tahun baru cina buat semua temen-temen yang merayakan. Semoga keberkahan dan keberuntungan selalu menyertai kalian semua. gong xi fa cai

twitter/instagram/snapchat : erwinbimasakti

"misi pak mau cek listrik..."


You may also like

1 komentar:

A travel stories by Erwin Bimasakti. Diberdayakan oleh Blogger.