Nyobain Sensasi Off-Road Di Jogja

/
1 Comments
Jogja. Apasih biasanya yang terlintas dipikiran lo semua ketika denger nama kota ini? gudeg? batik? budaya yang masih jawa banget? bener! Semuanya emang bener. Tapi Jogja punya yang lebih daripada itu semua guys. Di Jogja kita gabakalan keabisan tempat-tempat asik buat liburan. Ada gua jomblang yang super keren, ada kalibiru tempat buat nyantai sambil liat pemandangan, ada juga taman sari saksi sejarah kerajaan jaman dulu.

Tapi di tulisan gue kali ini, gue gamau bahas itu semua. Gue mau fokus ke tempat liburan yang menurut gue unforgettable banget. Beberapa bulan yang lalu gue baru balik dari gunung merapi jogja. Iya gunung merapi yang waktu tahun 2010 meletus itu. eits jangan kaget dulu, disana sekarang udah aman banget dan jadi tempat wisata yang menurut gue super mantap plus keren abis. 

patung selamat datang
Karena di gunung merapi itu kita bakal naik jeep kaya gambar diatas, makanya nama tempatnya jadi lava tour merapi, tapi tenang aja, kalo kita wisata kesana mudah-mudahan gaada lava yang panas. kalo adapun kayanya tempat wisatanya ditutup deh #yaiyalah. Selain naik jeep kita juga bisa sewa motor trail buat yang pengen lebih ngerasain sensasi off-road. Tapi karena gue pergi kesana bareng nyokap dan bokap, yaudah dipilihlah mobil jeep kaya diatas.

Di lava tour merapi itu, kita ga cuma sekedar jalan-jalan naik mobil jeep ngearasain sensasi off-road aja, tapi kita juga bakal ke tempat-tempat yang emang jadi trademark disana gitu. Ada museum gunung merapi yang jadi saksi mati gimana kedahsyatan Yang Maha Kuasa. Waktu di museum gunung merapi itu, gue ngerasa sedih banget karena emang tempatnya yang kebakar abis sama lahar panas gitu. Museum itu sekarang dijadiin tempat buat barang-barang yang masih ada bentuknya untuk ngasih tau ke turis gimana kejadian waktu tahun 2010 lalu.


barang di dalem museum
bukti jam erupsi "12.05"


di depan museum
Nah yan bikin seru, waktu mau jalan ke museum ini. Mobil yang gue naikin diputer-puter dulu sama supir sekaligus guide gue, ke jalan yang berantakan banget jadi lebih ngerasain sensasi off-road.

Terus juga selain museum ada makam mbah maridjan yang kita kenal sebagai kuncen gunung merapi. Di tempat makamnya gaada yang terlalu spesial sih, cuma kaya makam orang biasa aja. ini yang bikin gue salut, beliau sebagai tokoh di desa tersebut, makamnya sederhana banget.

makam mbah marijan
Kalo lo berpikiran naik gunung merapi itu kaya naik gunung bromo ataupun semeru, lo salah besar cuy. Di gunung merapi ini kita gabakalan jalan kaki, kita bakal sepenuhnya naik jeep menyusuri jalanan berpasir. Pokoknya mirip banget kaya di gurun pasir sana deh.




Saran gue misalkan lo semua mau kesini jangan lupa bawa masker atau penutup idung, karena abu yang masih tebel banget disekitaran kawasan wisata merapi ini. 

Disini juga ada bunker tempat evakuasi buat masyarakat sekitar gitu. Dan katanya di dalem bunker cukup untuk nampung sekitar 30-40 orang kalo gue ga lupa. Kata supir jeep gue juga, di dalem bunker itu pernah ada relawan yang meninggal karena kejebak di dalem bunker yang panas banget gitu. Terus yang bikin gue bingung, di dalem bunker ada sebuah batu gede yang lebih gede daripada pintu masuk ke dalem bunker itu sendiri.


salah satu rumah yang jadi korban keganasan merapi
Dan tempat terakhir yang dikunjungin sebelum pulang adalah batu wajah. Kata guide gue, itu batu bentuknya kaya muka orang makanya dinamain batu wajah. selain bentuknya yang kaya muka, batu itu juga gede banget. Lebih gede daripada pos satpam kayanya deh.

batu wajah
Kalo lo mau kesini gue saranin pas musim panas aja, jangan musim ujan. Soalnya pasir kalo musim ujan bakal jadi lumpur kan. Terus juga mobil jeep yang dipake kebuka atapnya jadi gaasik banget deh kalo keujanan di tengah perjalanan kan. dan ke tempat wisata ini paling enak jam setengah empat sore udah mulai perjalanan. Soalnya kalo pagi banget juga selesainya siang-siang bolong. Dan itu bakal panas banget di daerah ini. terus juga kalo lo mulainya sore, lo bisa nikmatin wisata off-road malem-malem gitu yang sensasinya beda banget sama siang siang.

dan juga gue sangan merekomendasikan tempat ini buat lo semua yang pengen ngerasain sensasi off-road sambil deg-degan gitu. seru banget deh pokoknya tempat ini. one of my favorite place!!

twitter/instagram/snapchat : erwinbimasakti

supir jeep paling tampan


You may also like

1 komentar:

A travel stories by Erwin Bimasakti. Diberdayakan oleh Blogger.