Ngeliat Sisi Keunikan Jakarta di Pelabuhan Sunda Kelapa

/
4 Comments
Bagi sebagian orang Jakarta yang emang tinggal di Jakarta mungkin udah pada bosen banget kalo weekend cuma jalan-jalan di mall ataupun nonton bioskop. Hal itu juga kejadian sama gue, gue lagi bosen banget sama yang namanya mall, ataupun tempat-tempat ber-AC yang sejenis. Nah untuk mengatasi kebosenan gue akan gedung-gedung tempat belanja yang ber-AC, akhirnya gue coba pergi ke pelabuhan sunda kelapa.

kapal pinisi
Pelabuhan ini emang beda banget sama pelabuhan modern yang isinya kapal-kapal dari besi. Di pelabuhan ini semua kapalnya masih kapal kayu atau yang biasa kita kenal sama kapal pinisi. Dan bagi gue yang baru pertama kali kesini dan liat kapal beginian, gue super excited sama tempat ini. Lokasi pelabuhan ini masih disekitaran ancol. gampang banget nemuin tempat ini misalkan lo mau kesini dan liat kapal-kapal pinisi yang masih keren banget.


Dan uniknya lagi misalkan lo pada kesini, lo bakal ngerasain aktivitas pelabuhan yang mungkin bagi sebagian orang jakarta ga pernah rasain sebelumnya. Lo juga bisa ngeliat waktu kapal lagi bongkar muat.  Dan isinya ada macem-macem barang. ada gula jawa, ada papan gypsum, banyak banget deh. Di sebelah pelabuhan sunda kelapa juga lagi ada pembangunan gedung tinggi gitu. Jadi lo bisa ngerasain uniknya kearifan tradisional sama pembangunan modern. 


Menurut gue juga, tempat ini emang asik banget buat foto-foto. Banyak spot-spot asik misalkan lo mau foto bareng temen, keluarga, atau buat pre-wedding juga asik banget menurut gue. Masih di area pelabuhan sunda kelapa, ada juga tumpukan kontainer-kontainer yang gede banget. Tapi sayang gue ga berhasil foto-foto disana. Pelabuhan sunda kelapa juga pernah dijadiin tempat ngumpul para pengguna instagram atau orang-orang nyebutnya worldwide instameet (wwim10).

bongkar muat

deretan kapal pinisi
Tapi ya namanya juga laut Tanjung Priok kali ya, gue ngerasa agak kurang nyaman aja lama-lama disini karna emang bau laut tanjung priok yg "khas" banget, ditambah air laut yang udah hitam.

Dan seperti yang gue bilang tadi, tempat ini emang asik banget buat foto-foto. gue juga saking keasikannya foto-foto sampe lupa buat nanya-nanya tentang pelabuhan ini lebih dalem sama orang-orang sekitar. Waktu gue kesana juga lumayan banyak turis asal jakarta yang dateng ke pelabuhan ini. dan sama halnya kaya gue, mereka juga asik foto-foto, dan ada juga komunitas motor yang dateng kesini buat kopdar.

#sukaloncat

#sukaloncat
Gue juga sangat merekomendasikan tempat ini buat lo semua yang masih bingung mau kemana weekend ini. karena sayang banget misalkan lo weekend cuma ketempat yang itu-itu aja. Gue juga waktu ngeliat postingan salah satu temen gue disini, gue langsung kepikiran buat datengin pelabuhan ini. So, c'mon guys let's #explorejkt

abk tampan


You may also like

4 komentar:

  1. Ini tempat yang hebring banget yak waktu itu pas wwim10... dari dulu penasaran untuk berkunjung ke sini... tiap ke jakarta pasti gak sempet ke sini :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. gaakan nyesel kalo berkunjung kesini hehehe, bakal ngerasain banget suasana yang beda dari biasanya...

      Hapus
  2. Salah satu spot keren juga untuk hunting foto sunset pas senja.

    BalasHapus
    Balasan
    1. emang keren banget, perpaduan dua zaman yang jarang kita lihat dimana aja

      Hapus

A travel stories by Erwin Bimasakti. Diberdayakan oleh Blogger.