Menghargai Alam di Utara Jakarta

/
2 Comments
Hampir tiap hari Jakarta emang ga pernah lepas dari macet dan hiruk-pikuknya sebagai ibu kota. dan gue sebagai anak (pinggiran) Jakarta juga kadang suka bete sama kepadatan kota yang gue cintai ini. Hal inilah yang bikin gue sama dua orang temen gue nyobain jalan-jalan ke taman wisata alam mangrove di daerah pantai indah kapuk, Jakarta Utara. Taman wisata alam ini menurut gue tempat yang seru banget buat ngabisin weekend di sekitaran Jakarta. Tempatnya adem, ada tempat penyewaan penginapan, dan yang pasti lo bisa belajar menghargai alam dengan dateng ke tempat ini. 

salah satu spot menarik di sini
Hal yang paling bikin gue seneng ketika dateng ke tempat ini adalah, tempat ini bersih banget untuk ukuran taman wisata ataupun tempat umum. Sepanjang gue muterin area ini, gue ga ngeliat coretan spidol atau coretan apapun di sini. Salut banget buat kalian semua yang bisa jaga kebersihan!
Tujuan utama taman ini dibangun *menurut pikiran bodoh gue* adalah untuk menahan jakarta dari abrasi, karna pohon bakau atau mangrove ini mampu menahan tanah biar ga kena erosi pantai (abrasi). Terus juga di area ini lo bakalan cukup sering ngeliat biawak, karena emang daerah kaya gini yang jadi habitat biawak. Waktu gue kesini, gue kurang lebih nemu 5-6 biawak lagi jalan-jalan nunggu sunset.

jalan setapak diantara hutan
Tempat se-keren ini juga pasti ada kurangnya juga dong. Nah buat temen-temen yang mau kesini, sayang sekali lo gabisa bawa kamera apapun kecuali handphone masuk kesini. Menurut peraturan yang tertulis disana, kalo lo bawa kamera jenis apapun bakal di denda sebesar satu juta rupiah. Lumayan bikin mikir dua kali kan kalo bawa kamera.

sumbangan dari orang jepang

Selain sekedar berkeliling taman, lo juga bisa nyumbang buat nanem bibit pohon bakau kaya diatas. Terus bisa dipasang papan nama sesuai nama lo juga kaya foto diatas, cuman gue gatau biaya yang harus dikeluarin berapa misalkan lo mau nyumbang bibit pohon mangrove terus dipasang papan nama kaya diatas.

deretan penginapan
Kaya yang udah gue jelasin di atas, di tempat ini emang ada beberapa penginapan yang bisa disewa. Seru banget kayanya kalo nyewa tempat penginapan disini. Dan jangan khawatir, semua tempat penginapan disini ada pendingin ruangannya. So, buat anak Jakarta yang takut kepanasan, lo bisa ngerasain sejuknya ac di tengah hutan kaya gini.

i'm so majestic



Biaya masuk ke taman wisata bisa dibilang ga mahal dan ga murah juga. Setiap pengunjung dikenain biaya 25.000 rupiah dan untuk motor 5.000 buat mobil 10.000 rupiah. Cukup sebanding lah buat tempat wisata adem dan bisa ngilangin jenuh lo dari padatnya kota jakarta. 

Selain buat tempat wisata, tempat ini juga menurut gue keren banget buat foto pre-wedding gitu. Suasana yang ditawarin tempat ini emang beda banget deh dari taman wisata lain yang pernah lo kunjungin.

Sedikit tips dari gue buat lo yang mau kesini. Waktu terbaik buat kesini adalah sekitar jam 3-5 sore. Karena di waktu tersebut matahari jakarta udah agak bersahabat. Tapi kalo lo mau dateng lebih awal dan lebih sore pun gue gaakan ngelarang. Terus juga di kalo udah agak sorean di daerah sini mulai agak banyak nyamuk. Jadi jangan lupa buat bawa lotion anti nyamuk juga kalo lo mau kesini. 

Postingan ini masih bagian blog gue yang #explorejkt. masih ada beberapa tempat seru lain yang bakal gue ceritain di sini. Dan yang pasti tempat-tempat itu diseputaran Jakarta aja

Jadi tunggu apalagi buat dateng kesini? Ayo cobain taman wisata di Jakarta Utara ini!

ps: all photos are taken by iphone4s

penunggu taman wisata alam mangrove


You may also like

2 komentar:

A travel stories by Erwin Bimasakti. Diberdayakan oleh Blogger.